Cara Mengatasi Masalah Recovery Mode

Melakukan reset ulang pada HP android memang perlu diketahui oleh para penggunanya agar bisa mengembalikan sistem dan software didalamnya agar bisa seperti kondisi di awal. Termasuk mengetahui cara masuk recovery mode Samsung juga perlu diketahui oleh para pemiliknya tersebut. Sebab masih banyak penggunanya belum mengetahui cara masuknya.

Samsung menjadi salah satu vendor smartphone dimana cukup besar di dunia dan digadang-gadang sebagai pesaing iPhone. Terlebih lagi, menurut turtransjawa.id perusahaan inipun juga membagi ponsel mereka sesuai dengan target pasar masing-masing. Dengan begitu, pengguna jauh lebih mudah dalam menemukan perangkat sesuai dengan kebutuhan maupun kondisi keuangan.

Apa itu Recovery Mode?

Melakukan reset ulang smartphone biasanya memang dibutuhkan apabila ponsel sedang mengalami hang, force close, lupa pin atau pola ataupun mengalami masalah pada bagian softwarenya. Nantinya setelah pengguna melakukan factory reset, maka semua data yang terdapat didalamnya akan hilang. Namun jangan khawatir, karena sebelum melakukannya pastikan sudah disimpan didalam Gdrive.

Nah, untuk melakukan reset ulang itulah, anda sebenarnya perlu masuk ke dalam mode recovery terlebih dahulu. Dimana merupakan opsi pemulihan yang telah dimiliki oleh semua merk ponsel pintar termasuk Samsung. Namun secara umum, fitur tersebut akan terpisah dari sistem dan mempunyai cara tersendiri buat mengaksesnya.

Lantas sebagian besar dari anda pasti akan bertanya-tanya apakah di HP terdapat menu recovery? Tentu saja ada. Sebab setiap ponsel termasuk Samsung juga terdapat fitur tersebut. Tetapi, sebelum pengguna melakukan reset pada Samsung, kami sarankan agar melakukan backup data terlebih dahulu.

Dengan begitu data-data penting yang terdapat didalamnya masih dapat terselamatkan. Sayangnya, apabila masalah pada ponsel adalah bootloop maka pengguna tidak bisa melakukan backup sehingga harus merelakan semua data penting didalamnya hilang.

Cara Mengatasi Masalah Recovery Mode

Apabila pengguna tidak dapat mengakses menu recovery pada Samsung, maka sebaiknya tidak perlu khawatir berlebihan dahulu. Sebab ternyata masih ada beberapa solusi yang bisa mengatasi masalah anda tersebut. diantaranya adalah

Menggunakan USB Jig

USB jig adalah sebuah perangkat dimana mempunyai bentuk mirip seperti OTG. Adapun fungsi utamanya adalah buat memaksa ponsel agar mau membuka fitur recovery tersebut. Untuk anda yang akan menggunakan cara tersebut, maka terlebih dahulu harus membeli perangkat tersebut.

Memanfaatkan ADB Pada Komputer

Opsi lain buat mengatasi masalah diatas adalah dengan memanfaatkan ADB pada komputer. Sebelum digunakan, pastikan USB debugging telah aktif terlebih dahulu. berikut langkah-langkah dalam melakukannya

  1. Hubungkan smartphone ke komputer dengan kabel USB
  2. Cek bagaimana status debugging pada PC dengan tekan Windows, Device manager, dan ADB interface
  3. Anda bisa mengikuti langkahnya sesuai dengan perintah.

Namanya alat buatan manusia memang tidak bisa dipisahkan dengan Namanya kerusakan bukan? Sebelum membawanya ke tempat service maka pastikan mengetahui cara masuk recovery mode Samsung buat melakukan reset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Mengenal Risiko dan Keuntungan Asuransi Kecelakaan
Next post Menghapus Cache Samsung Tanpa Aplikasi yang Mudah Dilakukan